Jumat, Juli 24, 2009

SEMANGAT KARDINAH UNTUK BATIK TEGAL



Oleh: Yono Daryono


Bagi masyarakat Tegal dan sekitarnya, mendengar nama Kardinah, tentu ingat sebuah rumah sakit milik Pemerintah kota Tegal yang dibangun oleh RA Kardinah, istri Bupati Tegal, R.M. Adipati Ario Reksonegoro yang menjabat pada tahun 1908 -1936. Sedikit sekali orang yang mengetahui Kardinah juga membangun Sekolah Kepandaian Putri, untuk gadis pribumi “Wismo Pranowo”. Di dalam sekolah tersebut, Kardinah selain memberi pelajaran setara dengan Sekolah Pribumi Kelas Dua pada masa pemerintah Belanda, juga memberi pelajaran praktek membatik. Ada fasilitas untuk membatik seperti gudang dan los untuk penyelesaian hasil-hasil pembatikan dengan soga (warna merah untuk batik) dan wedel ( warna hitam untuk batik).
Kota-kota yang kita ketahui sebagai penghasil batik di Jawa telah banyak diketahui masyarakat secara luas, baik corak maupun motifnya. Sehingga kita sering luput mengamati kebudayaan daerah-daerah lain yang juga memiliki kreatifitas dalam seni membatik. Tegal merupakan salah satu contoh kota penghasil batik yang cukup menarik untuk dikaji. Bukan saja motif dan coraknya yang berbeda dengan batik kota-kota lain, namun prilaku pembatik juga cukup menarik. Mereka membuat batik hanya untuk kebutuhan keluarga, khususnya bila akan mempunyai hajat seperti perkawinan dan sunatan. Batik merupakan sumbangan yang berharga bagi acara-acara penting dalam keluarga. Mereka secara tidak sadar memposisikan batik sebagai hasil karya seni yang nilainya tidak terukur. Kondisi ini dapat disaksikan di daerah-daerah perajin batik seperti Kalinyamat Wetan dan kelurahan Bandung Kecamatan Tegal Selatan.
Bila kita mencermati batik di Indonesia secara umum dari sudut daerah pembatikan ada dua kelompok besar, yakni batik vorstenlanden dan batik pesisir. Batik vorstenlanden adalah batik dari daerah Solo dan Yogyakarta. Sedangkan batik pesisir adalah semua batik yang pembuatanya dikerjakan di luar daerah Solo dan Yogyakarta.
Ditinjau pembagian asal batik dalam dua kelompok ini, terutama berdasarkan sifat ragam hias dan warnanya. Batik Solo-Yogya ragam hiasnya bersifat simbolik berlatar kebudayaan Hindu-Jawa, warnanya sogan, biru, hitam dan putih. Sedangkan batik pesisir memilki ciri –ciri ragam hiasnya naturalistik dan pengaruh berbagai kebudayaan asing. seperti Cina dan Belanda. Untuk warnanya tidak terikat, kita akan menjumpai batik pesisir warnanya beraneka.
Walupun perkembangan batik Tegal berawal dari apa yang dilakukan pengawal raja Mataram Amangkurat Pertama yang mengungsi ke Tegal. Ini yang barangkali mengapa motif batik Tegal mirip dengan batik Keraton yakni didominasi warna hijau dan kecoklatan. Namun perkembangan berikutnya, para pembatik di kota ini, memberi motif batik dari flora dan fauna. Para pembatik berekspresi tanpa beban makna dan kegunaan. Perubahan corak, motif dan dominasi warna batik Tegal tidak lepas dari pengaruh Kardinah.
Warna batik Tegal pertama kali sogan dan babaran abu-abu setelah dikenal nila pabrik, kemudian meningkat menjadi warna merah-biru. Motif-motif batik Tegal, mempunyai kekhasan, berbeda dengan daerah lain, sesuai dengan kondisi lingkungan si pembuatnya. Motifnya lebih bersifat ekspresi pembatiknya dalam merespon lingkungan, atau alam sekitar, flora dan fauna. Di Tegal kita mengenal motif dapur ngebul, gribikan, cempaka putih, gruda, kawung, tapak kebo, semut runtung, sawatan, tumbar bolong, kawung, blarak sempal dan motif-motif lainnya.
Walaupun secara geografis Tegal lebih dekat dengan Cirebon atau Pekalongan, tetapi motif-motif batik Tegal lebih ada kemiripan dengan batik Lasem, daerah yang tidak jauh dari tempat kelahiran Kardinah (Jepara). Batik Lasem dikenal dengan warna merahnya yang khas, seperti warna merah darah, dan tidak bisa ditiru perajin batik kota lain. Motif batik Lasem yang mirip dengan batik Tegal yaitu motif “bunga batu pecah’. Baik motif, corak, warna maupun isen isennya hampir sama dengan batik Tegal motif “tumbar bolong”. Motif flora dan fauna Lasem mirip dengan batik Tegal, terutama pada isen-isennya.
Batik sangat dipengaruhi oleh pembuatanya, demikian pula Kardinah, dia lebih suka warna soga dan hitam, dan itulah yang kemudian dibawa ke Tegal, sehingga walupun batik Kardinah “diilhami” oleh batik Lasem, namun yang dikembangkan di Tegal berbeda dengan batik Lasem.
Pada tahun 1908 Kardinah pindah ke Tegal karena mengikuti suaminya, Reksonegoro sebagai Bupati Tegal. Sejak tahun itu pula Kardinah mengajari membatik bagi anak-anak wanita di lingkungan pendopo. Kebiasaan Kardinah membatik dilakukan sejak kecil. Bersama kakak-kakaknya, Kartini dan Roekmini., Kardinah sering membatik di serambi belakang kabupaten Jepara. Mereka bertiga yang dikenal sebagai Tiga Serangkai ini memiliki kegemaran memakai kain batik hasil buatan sendiri. Dalam buku hariannya tertanggal “ Depok, September 1900” Dr. N. Andrian, seorang Indolog menulis tentang pertemuannya dengan Kartini, Kardinah dan Roekmini di Batavia, antara lain, bahwa “mereka bertiga sama: berkebaya sutra putih berbunga-bunga jambu, berkonde dan berkalung emas tipis pada leher mereka, yang membuat mereka menjadi begitu cantik, dan ketiga-tiganya mengenakan sarung batik indah, buatan sendiri, bernawarna coklat memikat (Surat, 6 Nopember 1899, kepada Estella Zeehandelaar).
Kardinah demikian pula kakak-kakaknya Kartini dan Roekmini, sebenarnya secara praktis telah tinggalkan kebangsawanannya, dan menjadi pekerja biasa di dalam kabupaten: membatik, mengurus kebun, menjadi koki, merawat keluarga yang sakit, dan sebagainya pekerjaan-pekerjaan yang tidak dikerjakan oleh anggota-angota keluarga bangsawan tinggi. Kardinah dan saudari-saudarinya selalu mengenakan sarung batik buatan sendiri, bukan karena dengan demikian ia bisa pamer secara murah tentang kecakapannya membatik, tetapi dan terutama sekali untuk membanggakan keunggulan seni Rakyat Pribumi yang sejauh itu belum dikenal dan belum ditandingi oleh negeri manapun.
Kebanggaan itulah yang kemudian ditularkan kepada masyarakat Tegal lewat sekolah Wismo Pranowo. Sekolah yang mengajarkan gadis-gadis pribumi dalam bidang rumah tangga. Upaya Kardinah dalam memperkenalkan hasil karya batik anak-anak didiknya bukan saja untuk dipakai sendiri tetapi juga dipamerkan. Tiap tahun suaminya bersama dengan guru-guru Wismo Pranowo menyelenggarakan pasar malam di alun-alun Tegal. Bersama dengan Perkumpulan Kesenian Hindia cabang Tegal mengadakan pameran di Pekalongan dan Cirebon ( Surat-surat Adik R.A. Kartini, Frits G.P. Jaquet 2005: 273).
Batik Tegal sudah berabad lamanya dikenal di kota-kota besar di Indonesia. Pengenalan batik Tegal tidak lepas dari perjuangan Kardinah. Bersama kakaknya, Kartini dan Roekmini, Kardinah berupaya meningkatkan derajat dan peradaban rakyat Indonesia. Pikiran-pikiran dan kegiatan Tiga Serangkai ini mengilhami pergerakan nasional yang ditandai dengan berdirinya Budi Utomo pada tahun 1908. Sebelum ikrar Sumpah Pemuda 1928, mereka juga telah menggalang persatuan dalam “perkumpulan” Jong Java.



Yono Daryono, aktivis budaya, tinggal di Tegal
Dikutip dari Wacana Lokal Harian Suara Merdeka, edisi 22 Juli 2009

1 komentar:

  1. selamat atas di uploadnya artikel tentang budaya batik kota tegal dgn kardinah pahlawanwati tempoe doeloe...meski sejarah itu cerita jadul,akan tetapi diera sekarang justru batik menjadi budaya daerah yang teramat sangat sdg trend!!!Msg-2 daerah di wilayah Jateng khususnya n Indonesia pd umumnya, saling berlomba unt memamerkan "batik asli" daerahnya,unt memikat masyarakatnya agar lebih gandrung berbusana batik asli "madein" daerahnya, layaknya maneqin-2 berjalan dgn lengang-lenggoknya, sekale lg siapa lg klu bkn anda yang notabene "aktivis budaya" kota tegal yg msh perduli dgn yg namanya sejarah Kebanggaan "batik+Kardinah"kepada masyarakat Tegal???ditunggu tulisan berikitnya yg lebih menggigit tentunya....salam taklim drku...teteup semangat jakuirku..

    BalasHapus